“ ERDOGAN “ Muadzin Istanbul Penakluk Sekularisme Turki



ERDOGAN
Muadzin Istanbul Penakluk Sekularisme Turki

Hai, aku baru aja baca sebuah buku yang berjudul “ ERDOGAN “ karya nya Syarif Taghian. Tau Erdogan nggak ??? nah ini pelajaran yang dapat aku ambil setelah membaca boigrafi nya beliau. Bener” keren dehhhh pokoknya..

Jadi, nama aslinya itu Recep Tayyeb Erdogan. Beliau seorang politisi islam dari Negara Turki. Berasal dari keliarga yang cukup sederhana dan hanya berbekal sedikit pendidikan. Namun kecintaannya yang besar terhadap ALLAH S.W.T dan keimanannya yang kuat , menjadikan kehidupan dan kerja kerasnya dipenuhi keberanian, kemauan keras, dan kemuliaan yang menjadi semakin menambah keberhasilan-keberhasilan yang ia raih.
Recep Tayyeb Erdogan, perdana menteri multitalenta pemimpin Negara Turki. Negara yang sebelumnya penuh gejolak, kemudian menjadi Negara yang memiliki stabilitas ekonomi yang kuat dan mampu bersaing dengan Negara-negara uni eropa.
Karna, 2 masa sebelumnya yaitu yang kedua pada masa kekhalifahan Attaturk, itu bener bener beda banget sama masa kekhalifahan yang pertama, yaitu Utsmani. Dan bisa dibilang dimasa kekhalifahan Erdogan iniilah yang ketiga.  Pada masa kekhalifahan Attaturk, sekularisne itu pernah menggurita dan ekstrem . karna pada masa itu, nilai nilai keislaman ditiadakan. Parah yaaaaaaaa ? L
Sehingga membuat Turki berada dalam kendali otoritarian dan pemimpin yang mabuk dalam kekuasaan. Sehingga , Erdogan berusaha meyakinkan rakyatnya bahwa dengan identitas keislaman. Turki bisa mengembalikan kejayaan jaman Utsmani, yaitu kekhalifahan yang tidak hanya kuat dalam segi pertahanan, tapi juga dalam perekonomian. Pada masa lalu, kekuasaan khalifah Utsmaniyah mampu membuka jalir” perdaganyan diseluruh belahan dunia. Bahkan sampai ke Indonesia ..
Sehingga bisa kita lihat bahwa ada sesuatu yang bertentangan di 2 masa tersebut. Dan Turki dimasa Erdogan telah terintegrasi, moderat, setelah sebelumya ekstrem. Turki ketiga ini, Islami namun moderat. Ia secular, namun moderat. Ia berkebangsaan, namun tetap moderat. Ia bagian dari barat eropa, namun tetap moderat. Luar biasa yaaaaaaaaaa ???
Inilah turki. Negeri kekhalifahan Utsmani . darinya keluar seorang tokoh yang mampu mengubah Turki dari “ the sick man in eurape “ atau eropa yang sakit menjadi Negara mendunia yang sehat. Turki tidak pernah mengalami perubahan yang signifikan dalam garis besar politik dan social sebagaimana yang telah dilakukan oleh Erdogan ini sejak masa Attaturk. Bahkan, orang-orang Turki beranggapan bahwa sejak masa Attaturk, mereka belum pernah melihat sesosok pemimpin sejati seperti Erdogan yang mampu tanpa menembakkan satu peluru pun / melakukan kudeta, ia mampu merobohkan berhala Attaturk yang sangat dijaga oleh instansi militer. Sampe-sampe para sekularis menjuluki Erdogan sebagai “ Islamis Reaksioner “ . namun, Erdogan sendiri menjuluki dirinya sebagai “ Pemimpin Religius di Negara Sekular “. Nah !! dia kan menjabat sebagai perdana menteri pada tahun 2003, kalian tau nggak ? hal pertama yang dia lakuin itu tuh menjalin perdamaian, menebar cinta dan kasih saya diseluruh penjuru, mengadakan rekonsiliasi dengan Armenia dan Azerbeijan , menjalin kerjasama dengan Irak dan Iran . dia juga nggak lupa sama suku bangsa nya sendiri, yaitu suku kurdi. Dan masih banyak lagi hal yang dia lakuin..
Di Arab, sebagian besar sangat menghormati dan kagum dengan kebijakan dan keputusan Erdogan, mereka juga sangat bangga bisa bersaudara dengan Turki. Karna pada saat itu, Erdogan melarang wilayahnya dijadikan pangkalan militer Amerika pada saat menyerang Irak. Serta melawan Israel pada saat negeri Zionis itu melakukan agresi militer ke Lebanon tahun 2006.
Sehingga pertanyaannya, kenapa Erdogan berhasil sedangkan sebagian besar pemimpinnya tidak ???
Bahkan dia mampu menyatukan kekuatan cinta , kemuliaan rasa bangga seluruh manusia diberbagai Negara islam padahal di negerinya aja tuh penuh tantangan dari demokrasi secular ??

Jawabannya…. Karna laki laki ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Sejak kecil dia memiliki kehidupan dan pendidikan yang berbeda. Perjuangannya membangun partai AKP juga membuatnya berbeda dengan pemimpin” Turki sebelumnya. Sejak mencintai dan terjun ke politik, tampaklah bahwa dia memiliki cita cita yang akan dibangun demi kemajuan negaranya.
Bahkan pernah pada suatu ketika, Erdogan selalu menyampaikan rasa bangga dengan nila nilai keislaman dan mengungkapkan prinsip yang dianutnya di depan public. Prinsipnya yaitu sebagaimana prinsip seorang pemimpin yang bertanggung jawab. Dia bahkan berani menuding pemimpinnya sebagai pemimpin yang licik dan pembohong sehingga itu sangat mengusik para pemimpin Israel. Dan dia ngga pernah berhenti mengkritik Israel meskipun Isralem mempunyai hubungan diplomatic dengan Turki sejak tahun 1948. Contohnya pada saat konferensi davos, Erdogan mengkritik perdana menteri Simon Peres habis-habisan.  Dan berkata bahwa Simon Peres lah yang membunuh anak anak dan wanita tak berdosa di Gaza. Erdogan berbicara didepan para peserta dan mengatakan bahwa konferensi dafos beserta anggota nya adalah pendukung aksi Zionisme Israel dan kejahatan pembunuhan terhadap anak-anak. Sehingga rakyat Turki sangat bangga dengan prinsip yang diambil pemimpin mereka, Erdogan J
Nah, apasih yang membuat Erdogan bisa menjadi sosok yang seperti ini ?
Ternyata, banyak juga loh yang berpengaruh dalam kehidupan beliau. Seperti, Rasulullah lah yang nomor satu, lalu pendidikan keagamaan dan orang tua nya yang agamis juga sangat berperan penting dalam pembentukan karakternya, dan juga guru nya sekaligus pemimpin partai nasional islam turki yaitu Necmettin Erbakan juga sangat berpengaruh karna telah memberikan kesempatan pada Erdogan untuk memimpin partai keselamatan nasional bidang kepemudaan sehingga berhasil memimpin partai refah saat berusia 35tahun. Dan menjadi walinkota Istanbul raya pada tahun 1994.  Selain itu, karakter Erbakan juga sangat berpengaruh sehingga menjai panutan bagi Erdogan saat memimpin partainya.
Dia juga mendirikan partai baru, yaitu AKP (Adalet ve Kalkinma Partisi) atau partai keadilan pembangunan. Dia menggunakan ideology keislaman seperti yang dilakukan Erbakan sehingga membuat geram para kelompok secular.
Hebat yaaaaa si Erdogan itu..
Selain itu, Erdogan juga pernah dipenjara loh! Sebagai konsekuensiatas pelanggaran Undang Undang pidana, dimana Undang Undang itu diberlakukan bagi orang yang melakukan pembangkitan agama di Turki. Serem yaaaaaaaaaaa -_-
Sehingga, pimpinan politik di Turki mendukung supaya di Erdogan dimasukkan kedalam penjara selama 10 bulan. Dan juga melarang Erdogan untuk melakukan aktivitas politik . tapi, Erdogan malah berkata “ ini bukanlah akhir.. tapi ini baru permulaan..” . nah dari situlah lahir gerakan politik dibalik penjara.
Jadi, Erdogan dipenjara hanya 4 bulan. Tapi tetep dia gak boleh malakukan aktivitas politik selama 10 bulan. Nah selama di penjara 4 bulan, itu menjadi kesempatan yang baik bagi Erdogan untuk mengevaluasi diri, ia juga memikirkan cara cara baru untuk merealisasikan ide ide reformasi. Sampe akhirnya, prediksi Erdogan pun terealisasikan !! pada saat pemilu, AKP berhasil menghantarkan sebanyak 323 wakil wakilnya di perlemen. Sedangkan partai secular hanya 179 kursi. Ini bener bener kemenangan yang gemilang J meskipun Erdogan nggak bisa langsung memimpin sendiri, karna masih harus menjalani konsekuensi hukum yang melarangnya untuk tikad melakukan aktivitas politik. Akhirnya diwakilkan oleh sahabatnya sendiri, yaitu Abdullah Gull. Seorang presiden Turki sekaligus mantan menteri Luar Negeri. Jadi, nanti pada saat hukuman Erdogan dicabut, Erdogan menerima kembali jabatanyya sebagai pemimpin pemerintahan Turki.
Alhamdulillah yaaaaaaaaa.. dibalik kesulitan memang selalu ada kemudahan..
Jadi kesimpulannya,
Recep Tayyeb Erdogan itu contoh politisi dan pemimpin yang tidak larut dalam kekuasaan. Pelajaran yang sangat berharga dari Erdogan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yaitu Pemimpin sejati adalah pemimpin yang mampu menciptakan generasi yang akan menjadi pemimpin dikemudian hari. Dan pemimpin yang selalu memperbaharui uran nadi umatnya dengan keutamaan dan kemuliaan seperti yang dilakukan Erdogan untuk rakyatnya.
Nah.. untuk mengatahui bagaimana Turki mampu menciptakan dan menghasilkan pemimpin yang menjanjikan bagi umat islam, maka kita harus menelusuri kehidupan Erdogan yang menjadi tonggak dan memiliki gaya yang khas dalam memimpin Negara J


Nahhhh !!! itulah sekilas rangkuman dari yang udah aku baca, semoga bisa dijadikan motivasi buat kalian para aktivis dan calon pemimpin Negara..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Musikal " Kita Satu Dengan Segala Perbedaan "

Giraldy's Family

Dialah pemilik akun @Yudianradisic