Rabu, 21 Agustus 2013

Asumsiku tentang Akuntansi :)))

sekarang saya sudah jadi mahasiswa.. upssssss mahasiswi lebih tepatnya :) sekarang saya sudah jadi mahasiswi jurusan S1 akuntansi di STEI . atau Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia..
setelah  berjuang selama tiga tahun menuntut ilmu di sekolah ternama dijakarta, yaitu SMK N 14 Jakarta jurusan akuntansi ..
akhirnyaaaaaa saya bisa lulus dengan nilai yang cukup memuaskan :) namun saya sadar, ini bukanlah akhir dari perjuangan saya. justru inilah awal.. inilah awal dari perjuangan saya.

meskipun saya masih sedikit kecewa karena tidak bisa lolos seleksi perguruan tinggi negeri , tapi tak apa lah. toh ptn pun tidak menjamin kesuksesan kita dimasa depan. tergantung dari pribadi masing masing..
yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan yaitu pribadi yang kuat dan pantang menyerah, mau bekerja keras, dan yang terpenting harus menjalankan semua sunnatullah kesuksesannya dan terakhir jangan lupa berdoa. untuk menjadi orang sukses pun tentunya berawal dari mimpi... yahhh kita harus punya mimpi .
sebab , orang yang mempunyai mimpi itu adalah orang yang optimis.. dan orang yang mampu merealisasikan mimpinya , ialah orang yang sukses .. dalam mewujudkan mimpi tentunya tidka smudah membalikkan telapak tangan.. semua butuh proses.. dan kita harus menikmati prosesnya. jangan terpaku sama hasil, tapi kita harus jalani dulu sunnatullah nya , jika kita sudah berusaha maksimal pastilah hasilnya pun akan mengikuti.


setidaknya begitulah pendapat saya..

dan sekarang saya bertekad untuk mengejar mimpi dan cita cita saya.. yahhhh tentunya saya mempunyai banyak mimpi.. yang utama.. saya ingin menjadi seorang akuntan..
apa itu akuntan ??

Akuntan merupakan gelar profesional atau sebutan yang diberikan kepada seorang sarjana yang telah menyelesaikan pendidikan di fakultas ekonomi jurusan akuntansi pada suatu perguruan tinggi / universitas di Indonesia dan telah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

saya bermimpi bisa menjadi seorang akuntan publik sekaligus menjadi akuntan pemerintah ..
saya bermimpi bisa mendirikan sebuah kantor akuntan publik dengan saya sebagai konseptor nya, saya yang akan membuat sistem sistem pemeriksaan laporan akuntansi yang baru dan lebih baik nantinya.. dimana saya tak ingin ada manipulasi dalam mengaudit sebuah laporan keuangan perusahaan. dan disisi lain saya juga ingin menjadi akuntan pemerintah..

Akuntan pemerintah yaitu akuntan profesional yang bekerja di instansi pemerintah yang tugas pokoknya melakukan pemeriksaan terhadap pertanggungjawaban keuangan yang disajikan oleh unit-unit organisasi dalam pemerintah atau pertanggungjawaban keuangan yang disajikan oleh unit-unit organisasi dalam pemerintah atau pertanggungjawaban keuangan yang ditujukan kepada pemerintah...


Yah..saya sangat ingin menjadi akuntan pemerintah,. sebab saya ingin memantau pelaksanaan anggaran agar saya tau bagaimana cara penciptaan, pengurusan, dan pamantauan pada penggunaan dana yang dilakukan oleh instansi pemerintah..
karna menurut saya perekonomian dinegara ini sudah hampir rusak.. korupsi dimana mana.. kemiskinan terjadi dimana mana yang berefek banyak terjadinya kriminalitas dan problematika lainnya.
lantas bagaimana bisa negara ini maju dan berkembang jika terjadi kerusakan disalah satu sektor seperti ini, lebih tepatnya sektor ekonomi.. karena, kehidupan ini saling berkaitan satu sama lain. apabila salah satu sektor rusak , maka akan berpengaruh lainnya. seperti yang tadi sudah saya katakan .

terkadang saya kesal.. banyak teman saya yang mengasumsikan bahwa menjadi seorang akuntan akan berujung seperti gayus tambunan. bahkan ada salah satu teman saya yang bilang bahwa anak akuntansi itu calon calon koruptor.

OH TENTU TIDAK !!!!!!


setiap orang memang punya asumsi masing masing tapi sejujurnya saya sangat kurang bahkan tidka setuju dengan orang yang mengasumsikan demikian. saya pikir mereka belum mengenal betul arti dari Akuntansi itu sendiri dan apa itu koruptor dan tentunya belum ngerti kasusnya gayus.

so ?? buat kalian yang berasumsi demikian, saya pikir itu kurang logis yaaa dan saya pikir kalian harus mempelajari betul dan mengenal terlebih dahulu sebelum menjustifikasi apa itu akuntans.


disini saya tidak membagus baguskan akuntansi tapi saya berbicara real karna saya sendiri terjun langsung didalam nya. sebelum kalian menjustifikasi akuntansi yang tidak tidak, sebaiknya pahamilah sulu artinya.

Akuntansi itu seni...
Seni mencatat,  mengukur, menjabarkan, ,  berkomunikasi dan menginterpretasikan aktibitas aktivitas keuangan.. atau memberikan kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.atau lebih sering dikenal dengan "bahasa bisnis" .
akuntansi juga punya tujuan, kalo ngga ada tujuannya, untuk apa ada akuntansi.
Tujuannya untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik perusahaan. so ? kalo ngga ada akuntan, siapa yang bisa memeriksa / mengaudit laporan keuangan setiap perusahaan ? kalo ngga ada akuntan, perusahaan ngga akan tau apa yang terjadi dengan laporan keuangan perusahaannya sebab ngga ada yang mengaudit. begitu juga pada investor. Investor termasuk pemegang saham secara individu dan institusional, pemegang keuntungan yang berhadapan dengan hutang (seperti pemegang obligasi, institusi keuangan, dsb.), dan direktur, yang bertindak sebagai pemilik saham. Walaupun mereka tidak seperti para investor, para analisis modal membuat kegunaan laporan keuangan secara luas dan sebagai bagian kesatuan dalam proses investasi.. sedangkan kreditur secara garis besar adalah supplier dari bahan baku dan jasa (accounts payable). Mereka juga membutuhkan informasi keuangan mengenai pelanggan mereka untuk menentukan keadaan kredit. Walaupun demikian, dalam pandangan secara luas. so ? akuntansi itu sangat berguna kan..


sekarang koruptor , apasih arti dari kata koruptor sendiri ? untuk mengetahui arti dari koruptor tentunya kita juga harus tau arti dari kata jorupsi itu sendiri.

Korupsi itu dari bahasa latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok. adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak. kalo koruptor berarti orang yang melakukan hal demikian.  so ? emang logis kalo lulusan akuntansi disebut sebagai calon koruptor ? Enggak kan ! makanya pikir dan pelajari dulu sebelum menjustifikasi akuntansi. Enggak atau jadinya koruptor semua tergantung pribadi masing masing , karena semua orang punya kehendak bebas. jadi dia bebas menentukan apa pilihan hidupnya . dan intinya seorang akuntan bukan berarti akan berujung menjadi seorang koruptor . Right ??



Oke deh , inilah pandangan saya tentang akuntansi dan beberapa pendapat saya untuk membantah orang orang yang mengasumsikan bahwa akuntansi itu hal yang negatif. Tidak.. tidak demikian kok realitasnya :))

Terimakasih udah membaca ..