Kamis, 02 Januari 2014

Tahun Baru, Resolusi Baru (life is choice & struggle)

Hidup. Bagiku, hidup adalah pilihan dan perjuangan. memilih mana yang tepat untuk kita pilih dan memperjuangkan pilihan kita tersebut agar berjalan dengan baik sesuai perencanaan.

Tahun baru. Identik dengan pesta kembang api dan membuka lembaran baru, setidaknya begitulah asumsi dari orang orang yang pernah aku dengar. namun bagiku, tahun baru bukanlah sekedar menghabiskan waktu untuk bersenang senang belaka, sebab kita pun nggak boleh terlena dengan hal tersebut, justru ditahun yang baru ini, alangkah lebih baik jika kita mensyukuri segala sesuatu yang telah kita miliki. dan merenungkan sejenak untuk mengevaluasi diri kita. apa sajakah yang telah kita lakukan semasa hidup kita ditahun sebelumnya? apakah semua yang kita lakukan sudah membawa kemajuan untuk diri kita? atau malah menyebabkan kemunduran?

hidup itu harus ada perubahan. perubahan untuk menjadi lebih baik pastinya. bukan malah sebaliknya, kalau kita berubah tapi malah menjadi lebih buruk, mendingan nggak usah berubah sama sekali.
untuk itu, kita perlu banget yang namanya evaluasi diri untuk mengetahui sejauh mana perkembangan hidup kita selama ini. bukan cuma evaluasi, membuat resolusi pun perlu loh ternyata. sebab, dengan kita memiliki resolusi, kita punya pijakan dan target yang harus kita capai sehingga kita termotivasi untuk mewujudkannya. kalo kita hidup tapi nggak tau mau ngelakuin apa, ya mending ngga usah hidup.

ehem, penting nggak sih evaluasi dan buat resolusi ? yaa balik lagi ke individu masing masing sih. namun sejauh ini, menurutku sangat penting, karna evaluasi diri itu sangat bermanfaat untuk kemajuan diri kita sendiri jika kita mau menyadarinya. dan membuat resolusi itu perlu, karna dalam hidup, harus ada sesuatu atau karya yang mesti kita hasilkan, karna dengan karya tersebut itulah nantinya kita akan dikenang orang sepeninggalan hidup kita. kalo dalam hidup kita nggak pernah melakukan apa apa, kupikir hidup itu akan sia sia.

nah, untuk evaluasi tahun 2013 kemarin, rupanya banyak sekali yang harus diperbaiki. salah satunya adalah manajemen waktu. untuk internal diriku sendiri, sejujurnya banyak sekali resolusi yang tidka terealisasikan. setelah aku sadari, ternyata mayoritas penyebabnya adalah manajemen waktu yang kurang baik. serta kurang bisa memilih mana yang genting dan penting. karna hidup itu harus ada perubahan, aku bertekad untuk memperbaikinya dan lebih belajar memanajemen waktu dan konflik. kenapa harus konflik? sebab dalam kehidupan, setiap manusia pasti dihadapkan dalam berbagai permasalahan. baik di internail dan external. untuk itu kita juga harus bisa memanajemen ny, agar tetap terkontrol dalam bertindak dan juga bida profesional dalam organisasi yang kita ikuti. kalau kita aja nggak bisa memanajemen konflik yang terjadi dalam diri kita sendiri, bagaimana kita menyelesaikan konflik yang terjadi diluar ? di masyarakat ? sebab, sebaik baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. dan itulah yang membuatku untuk menjadi seseorang yang berguna bagi masyarakat dan negara. karna akupun ingin memberikan kontribusi karya2 ku yang bisa membawa kemajuan besar untuk organisasi, masyarakat, dan negara.

adapun resolusi2 yang harus aku capai ditahun 2014 ini sejujurnya banyaaak banget. tapi yang terpenting adalah :

- IPK Semester 2 nanti harus diatas 3,7
- Menang Lomba Menulis Novel "Home Sweet Home"
- Menyelesaikan Novel ke 2,3, dan 4
- Harus ada salah satu novel yang tembus ke penerbit
- Membuat Penggalangan dana sosial untuk yayasan yatim piatu dna dhuafa
- Membuat acara Festival Seni dan Amal 2014 (baksos)
- Menyelesaikan Study Moral 2 dan 3
- Bakti Sosial selama bulan Ramadhan
- Menjadi Anggota Tetap Seni Budaya STEI
- Menjadi Sekretaris Umum di BPH 2014-2015 , atau minimal menjadi Kadiv Kegiatan.


adapun perubahan internal yang harus kulakukan yaitu :
- menjadi seseorang yang lebih baik lagi dari sebelumnya. lebih dewasa dan membuang pemahaman2 semasa SMA yang terkadang masih kekanak kanakan.
-  menjadi seseornag yang lebih taat dalam beribadah dan selalu mengingat tujuan hidup, bahwasannya aku diciptakan sebagai manusia untuk mengabdi kepada Allah.
- menjadi seseorang yang lebih profesional, dan smart dalam bertindak dan mengambil keputusan. bisa mengontrol perasaan dan hati sesuai fungsi nya dan tetap tenang dalam keadaan apapun.
- lebih disiplin, dan menghargai waktu. menghargai diri sendiri dan orang lain. lebih mensyukuri dengan semua yang aku miliki dan terus bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan.
- belajar dan terus belajar untuk menjadi "Bibit Unggul'  yang memiliki IQ, EQ, dan SQ berkualitas


harapannya, semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih baik lagi. dan semoga resolusi2ku bisa terealisasikan dengan baik.
oke, semangat!!!!!! dream. and make it happen !!!!
VINI VIDI VICI. datang berjuang menang.
Bissmillah. Allah bless me.


- Rizky Amalia :) -