Sabtu, 31 Mei 2014

setitik cahaya terang

selamat malam, selamat menikmati malam minggu dengan ornag2 yang dicintainya yaaa :"))

okeee jadi sebelum gue memulai, biarkan gue bernafas terlebih dahulu karna daritadi idung gue mampet gabisa napas .

dan saat ini,,,,,,,,,,,,, saat ini........ gue lagi bingung, tapi entah kenapa seperti ada sinar yang menyilaukan gue dan bikin gue pengen ketawa lagiiii :")))


maafin gue :")

maafin gue. gue tau gue salah banget sama kalian, gue yang ngajakin ngumpul hari ini tapi gue sendiri yang ngingkarin dan gak nepatin. jujur gue gak maksud buat ingkar janji karna semua diluar dugaan gue. gue nggak tau kalo ending nya bakal seperti ini. asal kalian tau, kalian sahabat terbaik yang pernah gue milikin, gue nggak tau apa jadinya gue tanpa kalian. gue tau gue udah salah bangetttt tapi bener deh gue tuh gak maksud kayak gini.
planning gue, kita emenag ketemu jam 10. tapi tiba tiba gue ada urusan mendadak dimana gue harus ngurusin KRS dikampus. dan gue mutusin untuk nyelesain itu terlebih dahulu karna itu lebih penting menyangkut perkuliahan, namun bukan berarti gue menomorduakan kalian. bagi gue kalian tetep yang terpenting. gue udah coba mau hubungin kalian tapi konteksnya gue lagi gak megang hape beberapa hari ini dan gak hafal nomer kalian. gue ngurus KRS dari pagi dikampus, gue fikir jam 11 udah bisa selesai dan gue bisa langsung nyusul kalian kerumah dira, tapi nyatanya baru selesai jam setengah 3 sore itupun disini hujan, gue mau kesana tapi kalian udah pada balik karna pasti nyampe sana sekitar 2 jam perjalanannya.

gue tau saat ini kalian pasti marah banget sama gue. dan ini pertama kalinya gue kayak gini,gue harap kalian bisa ngerti. gue janji kedepannya gue gak akan kayak gini lagi. gue minta maaf banget. jujur dari tadi gue kepikiran banget. gue ngerasa bersalah dan guepun udah kangen bangeeeet sama kalian tapi ini udah terjadi. dan gue harap kalian mau maafin gue :") gue sayang banget sama kalian. dira, fasha, icha, bunga, kalian orang2 terpenting dalam hidup gue.

Rabu, 28 Mei 2014

Puisi tentang Lembah Kasih, Lembah Mandalawangi oleh Soe Hok Gie

Puisi tentang Lembah Kasih, Lembah Mandalawangi oleh Soe Hok Gie

Lembah Mandalawangi, Gunung Pangrango, Jawa Barat, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Mapala UI, Soe Hok Gie
 Edelweis yang tumbuh di Lembah Mandalawangi, Gunung Pangrango, Jawa Barat.

Beberapa hari ini saya tidak menulis, entah sibuk atau malas. Mungkin kedua-duanya adalah alasan yang cocok untuk menjadi sebuah fenomena yang terjadi belakangan ini. Soe Hok Gie juga pernah menyatakan keluh kesahnya dalam catatan hariannya yang lalu dikumpulkan dan diterbitkan oleh LP3ES menjadi buku yang berjudul Soe Hok Gie: Catatan Seorang Demonstran bahwa dia kadang merasa malas atau merasa sibuk dalam hal menulis di catatan hariannya. Tulisan saya ini sebenarnya hanya sekedar mengutip sebuah puisi yang pernah dibuat oleh Soe Hok Gie tentang Lembah Mandalawangi. Untuk sekedar info bagi para pembaca Lembah Mandalawangi terletak di Gunung Pangrango di kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Jawa Barat yang berketinggian sekitar 2900 mdpl. 

 Lembah yang mempunyai luas sekitar 10 ha ini ditumbuhi oleh tanaman eksotik dan endemik khas daerah alpina atau montana. Tanaman dari family Asteraceae tumbuh dan berkembang di daerah pegunungan dengan iklim yang dingin dan pada ketinggian diatas 2000mdpl. Anphalis Javanica, adalah Edelweis yang banyak di jumpai di pegunungan pulau Jawa. Bunga ini sering disebut sebagai bunga keabadian karena bunganya yang terus tumbuh dan awet.

Dalam masanya dulu jaman mahasiswa, suasana politik yang berkecamuk di Universitas Indonesia dengan berbagai intrik politik gerakan mahasiswa yang sangat membosankan, Soe Hok Gie mencetuskan untuk membentuk kelompok pecinta alam yang bernama Mapala (dulu bernama Mapala Sastra Prajnaparamitha yang pada perkembangannya berubah menjadi Mapala UI) sebagai salah satu cara untuk mengenal Indonesia. Soe Hok Gie sangat cinta dengan Lembah Mandalawangi dan sering mengunjunginya saat masih hidup. Kadang sendiri dan kadang bersama teman-temannya. Seperti yang tertulis dalam puisinya “aku cinta padamu, Pangrango yang dingin dan sepi“, jelas dia nyatakan kecintaannya pada Pangrango.
Soe Hok Gie dalam perjalanan hidupnya terkenal sangat rajin menulis, dia menulis sejak SMP hingga menjelang akhir hayatnya di Puncak Gunung Semeru, Jawa Timur. Dari mulai puisi, kritik-kritik pemerintah, ide-idenya atau hanya sekedar keluh kesahnya. Semuanya ditulisnya rapi di catatan hariannya. Seperti sebuah puisi yang pernah dia tuliskan tentang Lembah Mandalawangi.

Soe Hok Gie, Gunung Pangrango, Lembah Mandalawangi, Mapala UI, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango
Soe Hok Gie (duduk di altar) bersama teman-temannya Puncak Gunung Pangrango. (sumber: google.com)


Mandalawangi-Pangrango

Senja ini, ketika matahari turun
Ke dalam jurang-jurangmu
Aku datang kembali
Ke dalam ribaanmu, dalam sepimu
Dan dalam dinginmu
Walaupun setiap orang berbicara tentang manfaat dan guna
Aku bicara padamu tentang cinta dan keindahan
Dan aku terima kau dalam keberadaanmu
Seperti kau terima daku
Aku cinta padamu, Pangrango yang dingin dan sepi
Sungaimu adalah nyanyian keabadian tentang tiada
Hutanmu adalah misteri segala
Cintamu dan cintaku adalah kebisuan semesta
Malam itu ketika dingin dan kebisuan
Menyelimuti Mandalawangi
Kau datang kembali
Dan bicara padaku tentang kehampaan semua
“hidup adalah soal keberanian,
Menghadapi yang tanda tanya
Tanpa kita bisa mengerti, tanpa kita bisa menawar
Terimalah, dan hadapilah”
Dan antara ransel-ransel kosong
Dan api unggun yang membara
Aku terima itu semua
Melampaui batas-batas hutanmu
Aku cinta padamu Pangrango
Karena aku cinta pada keberanian hidup

Djakarta 19-7-1966

Minggu, 25 Mei 2014

“ ERDOGAN “ Muadzin Istanbul Penakluk Sekularisme Turki

ERDOGAN
Muadzin Istanbul Penakluk Sekularisme Turki

Hai, aku baru aja baca sebuah buku yang berjudul “ ERDOGAN “ karya nya Syarif Taghian. Tau Erdogan nggak ??? nah ini pelajaran yang dapat aku ambil setelah membaca boigrafi nya beliau. Bener” keren dehhhh pokoknya..

Jadi, nama aslinya itu Recep Tayyeb Erdogan. Beliau seorang politisi islam dari Negara Turki. Berasal dari keliarga yang cukup sederhana dan hanya berbekal sedikit pendidikan. Namun kecintaannya yang besar terhadap ALLAH S.W.T dan keimanannya yang kuat , menjadikan kehidupan dan kerja kerasnya dipenuhi keberanian, kemauan keras, dan kemuliaan yang menjadi semakin menambah keberhasilan-keberhasilan yang ia raih.
Recep Tayyeb Erdogan, perdana menteri multitalenta pemimpin Negara Turki. Negara yang sebelumnya penuh gejolak, kemudian menjadi Negara yang memiliki stabilitas ekonomi yang kuat dan mampu bersaing dengan Negara-negara uni eropa.
Karna, 2 masa sebelumnya yaitu yang kedua pada masa kekhalifahan Attaturk, itu bener bener beda banget sama masa kekhalifahan yang pertama, yaitu Utsmani. Dan bisa dibilang dimasa kekhalifahan Erdogan iniilah yang ketiga.  Pada masa kekhalifahan Attaturk, sekularisne itu pernah menggurita dan ekstrem . karna pada masa itu, nilai nilai keislaman ditiadakan. Parah yaaaaaaaa ?  
Sehingga membuat Turki berada dalam kendali otoritarian dan pemimpin yang mabuk dalam kekuasaan. Sehingga , Erdogan berusaha meyakinkan rakyatnya bahwa dengan identitas keislaman. Turki bisa mengembalikan kejayaan jaman Utsmani, yaitu kekhalifahan yang tidak hanya kuat dalam segi pertahanan, tapi juga dalam perekonomian. Pada masa lalu, kekuasaan khalifah Utsmaniyah mampu membuka jalir” perdaganyan diseluruh belahan dunia. Bahkan sampai ke Indonesia ..
Sehingga bisa kita lihat bahwa ada sesuatu yang bertentangan di 2 masa tersebut. Dan Turki dimasa Erdogan telah terintegrasi, moderat, setelah sebelumya ekstrem. Turki ketiga ini, Islami namun moderat. Ia secular, namun moderat. Ia berkebangsaan, namun tetap moderat. Ia bagian dari barat eropa, namun tetap moderat. Luar biasa yaaaaaaaaaa ???
Inilah turki. Negeri kekhalifahan Utsmani . darinya keluar seorang tokoh yang mampu mengubah Turki dari “ the sick man in eurape “ atau eropa yang sakit menjadi Negara mendunia yang sehat. Turki tidak pernah mengalami perubahan yang signifikan dalam garis besar politik dan social sebagaimana yang telah dilakukan oleh Erdogan ini sejak masa Attaturk. Bahkan, orang-orang Turki beranggapan bahwa sejak masa Attaturk, mereka belum pernah melihat sesosok pemimpin sejati seperti Erdogan yang mampu tanpa menembakkan satu peluru pun / melakukan kudeta, ia mampu merobohkan berhala Attaturk yang sangat dijaga oleh instansi militer. Sampe-sampe para sekularis menjuluki Erdogan sebagai “ Islamis Reaksioner “ . namun, Erdogan sendiri menjuluki dirinya sebagai “ Pemimpin Religius di Negara Sekular “. Nah !! dia kan menjabat sebagai perdana menteri pada tahun 2003, kalian tau nggak ? hal pertama yang dia lakuin itu tuh menjalin perdamaian, menebar cinta dan kasih saya diseluruh penjuru, mengadakan rekonsiliasi dengan Armenia dan Azerbeijan , menjalin kerjasama dengan Irak dan Iran . dia juga nggak lupa sama suku bangsa nya sendiri, yaitu suku kurdi. Dan masih banyak lagi hal yang dia lakuin..
Di Arab, sebagian besar sangat menghormati dan kagum dengan kebijakan dan keputusan Erdogan, mereka juga sangat bangga bisa bersaudara dengan Turki. Karna pada saat itu, Erdogan melarang wilayahnya dijadikan pangkalan militer Amerika pada saat menyerang Irak. Serta melawan Israel pada saat negeri Zionis itu melakukan agresi militer ke Lebanon tahun 2006.
Sehingga pertanyaannya, kenapa Erdogan berhasil sedangkan sebagian besar pemimpinnya tidak ???
Bahkan dia mampu menyatukan kekuatan cinta , kemuliaan rasa bangga seluruh manusia diberbagai Negara islam padahal di negerinya aja tuh penuh tantangan dari demokrasi secular ??

Jawabannya…. Karna laki laki ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Sejak kecil dia memiliki kehidupan dan pendidikan yang berbeda. Perjuangannya membangun partai AKP juga membuatnya berbeda dengan pemimpin” Turki sebelumnya. Sejak mencintai dan terjun ke politik, tampaklah bahwa dia memiliki cita cita yang akan dibangun demi kemajuan negaranya.
Bahkan pernah pada suatu ketika, Erdogan selalu menyampaikan rasa bangga dengan nila nilai keislaman dan mengungkapkan prinsip yang dianutnya di depan public. Prinsipnya yaitu sebagaimana prinsip seorang pemimpin yang bertanggung jawab. Dia bahkan berani menuding pemimpinnya sebagai pemimpin yang licik dan pembohong sehingga itu sangat mengusik para pemimpin Israel. Dan dia ngga pernah berhenti mengkritik Israel meskipun Isralem mempunyai hubungan diplomatic dengan Turki sejak tahun 1948. Contohnya pada saat konferensi davos, Erdogan mengkritik perdana menteri Simon Peres habis-habisan.  Dan berkata bahwa Simon Peres lah yang membunuh anak anak dan wanita tak berdosa di Gaza. Erdogan berbicara didepan para peserta dan mengatakan bahwa konferensi dafos beserta anggota nya adalah pendukung aksi Zionisme Israel dan kejahatan pembunuhan terhadap anak-anak. Sehingga rakyat Turki sangat bangga dengan prinsip yang diambil pemimpin mereka, Erdogan 
Nah, apasih yang membuat Erdogan bisa menjadi sosok yang seperti ini ?
Ternyata, banyak juga loh yang berpengaruh dalam kehidupan beliau. Seperti, Rasulullah lah yang nomor satu, lalu pendidikan keagamaan dan orang tua nya yang agamis juga sangat berperan penting dalam pembentukan karakternya, dan juga guru nya sekaligus pemimpin partai nasional islam turki yaitu Necmettin Erbakan juga sangat berpengaruh karna telah memberikan kesempatan pada Erdogan untuk memimpin partai keselamatan nasional bidang kepemudaan sehingga berhasil memimpin partai refah saat berusia 35tahun. Dan menjadi walinkota Istanbul raya pada tahun 1994.  Selain itu, karakter Erbakan juga sangat berpengaruh sehingga menjai panutan bagi Erdogan saat memimpin partainya.
Dia juga mendirikan partai baru, yaitu AKP (Adalet ve Kalkinma Partisi) atau partai keadilan pembangunan. Dia menggunakan ideology keislaman seperti yang dilakukan Erbakan sehingga membuat geram para kelompok secular.
Hebat yaaaaa si Erdogan itu..
Selain itu, Erdogan juga pernah dipenjara loh! Sebagai konsekuensiatas pelanggaran Undang Undang pidana, dimana Undang Undang itu diberlakukan bagi orang yang melakukan pembangkitan agama di Turki. Serem yaaaaaaaaaaa -_-
Sehingga, pimpinan politik di Turki mendukung supaya di Erdogan dimasukkan kedalam penjara selama 10 bulan. Dan juga melarang Erdogan untuk melakukan aktivitas politik . tapi, Erdogan malah berkata “ ini bukanlah akhir.. tapi ini baru permulaan..” . nah dari situlah lahir gerakan politik dibalik penjara.
Jadi, Erdogan dipenjara hanya 4 bulan. Tapi tetep dia gak boleh malakukan aktivitas politik selama 10 bulan. Nah selama di penjara 4 bulan, itu menjadi kesempatan yang baik bagi Erdogan untuk mengevaluasi diri, ia juga memikirkan cara cara baru untuk merealisasikan ide ide reformasi. Sampe akhirnya, prediksi Erdogan pun terealisasikan !! pada saat pemilu, AKP berhasil menghantarkan sebanyak 323 wakil wakilnya di perlemen. Sedangkan partai secular hanya 179 kursi. Ini bener bener kemenangan yang gemilang J meskipun Erdogan nggak bisa langsung memimpin sendiri, karna masih harus menjalani konsekuensi hukum yang melarangnya untuk tikad melakukan aktivitas politik. Akhirnya diwakilkan oleh sahabatnya sendiri, yaitu Abdullah Gull. Seorang presiden Turki sekaligus mantan menteri Luar Negeri. Jadi, nanti pada saat hukuman Erdogan dicabut, Erdogan menerima kembali jabatanyya sebagai pemimpin pemerintahan Turki.
Alhamdulillah yaaaaaaaaa.. dibalik kesulitan memang selalu ada kemudahan..
Jadi kesimpulannya,
Recep Tayyeb Erdogan itu contoh politisi dan pemimpin yang tidak larut dalam kekuasaan. Pelajaran yang sangat berharga dari Erdogan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yaitu Pemimpin sejati adalah pemimpin yang mampu menciptakan generasi yang akan menjadi pemimpin dikemudian hari. Dan pemimpin yang selalu memperbaharui uran nadi umatnya dengan keutamaan dan kemuliaan seperti yang dilakukan Erdogan untuk rakyatnya.
Nah.. untuk mengatahui bagaimana Turki mampu menciptakan dan menghasilkan pemimpin yang menjanjikan bagi umat islam, maka kita harus menelusuri kehidupan Erdogan yang menjadi tonggak dan memiliki gaya yang khas dalam memimpin Negara J


Nahhhh !!! itulah sekilas rangkuman dari yang udah aku baca, semoga bisa dijadikan motivasi buat kalian para aktivis dan calon pemimpin Negara..


Senin, 05 Mei 2014

Penmas Gunung Gede. 4 thumbs for UKM Sakuntala. Really nice!!

selamat malam. baiklah, malam ini langit tampak redup, karna bintangnya pun sudah hilang entah kemana. dan tiba tiba aku terpikir untuk menceritakan perjalananku yang kesekian kalinya. karna bagiku ini perjalanan yang cukup menyenangkan selain trip trip ku sebelumnya.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

waktu menunjukkan pukul 1 siang dan aku baru saja bangun dari tempat tidur kesayanganku,
"hoammmm" aku cukup lelah untuk hari ini setelah kemarin harus menjalankan tugas dari pagi sampai larut malam sebagai seksi acara di acara stei idol yang diadakan oleh ukm ku tercinta, yaitu seni budaya <3

dan selama beberapa hari kemarin aku harus pulang larut malam bahkan pulang subuh karna banyak sekali acara yang harus di back up lantaran posisiku sebagai seksi acara.

setelah event stei idol selesai, aku merasa sedikit legaaaaa dan buruburu ingin segera melaksanakan pendakian massal yang diadakan oleh ukm sakuntala dikampusku.akupun segera mengambil carrierku dan menyiapkan segala perlengkapan pendakian, mulai dari carrier. sleeping bag, matras, sepatu untuk tracking, sendal gunung, kompor, serta perlengkapan lainnya. aku snagat bersemangat untuk mendaki esok hari. yuhuuuuuuuu


setelah semua perlengkapanku sudah beres, akus egera berlari mengejar snag busway untuk melaju ke kampusku , dan sesampainya disana waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore. lalu aku segera menuju sekretariatku tercinta yaitu ukm seni budaya, dan meletakkan carrier ku disana.

setelah itu aku segera menuju masjid untuk melaksakana kewajibanku sebagai muslim, yaitu sholat ashar. karna waktu sudha menunjukkan pukul setengah 4 sore. lalu, aku bertemu bang cacing disana, dan dia berkata "heh, mana barang2 lo? udah disiapin belom?" - kata bang cacing

" udah lah bang, emang berangkat jam brapa sih? sore inikan? " - jawabku dengan polosnya
" enak aja, berani lo sama gue? " - jawab dia dengan ketusnya,
loh ini kenapa coba bang cacing jadi sensi gitu eh gataunya dia cuma bercanda. ahaha
 " dih abang, yaudha si ini mau sholat duluuu "  - jawabku
" haha iya iya iyaaa yaudah sono sono " - jawab bang cacing

aku pun berlalu melewati sekretariat ukm sakuntala sambil sesekali melirik kedalam sana, apakah ada 'dia' ?
ahaha siapa yaaa??


okeeeee setelah selesai sholat, si khansa menyusulku untuk mengajak ke sakuntala karna kita harus mengecek perlengkapan masing masing, sekaligus berkumpul dengan kelompok masing2. dan oiyaaaaaa aku lupa memperkenalkan kelompokku dalam penmas, dan ini dia kelompok 5, atau aku menyebutnya "kelompok hidung meler"
dari kiri itu namanya angger, terus iqbal, terus dini, lalu khansa. 

baiklah kembali lagi ke topik awal, jadi sore itu aku segera berpamitan dengan abang abang dan kaka kaka di senibudaya. dan aku sekilas merasa berat hati karna harus meninggalkan 'bintang' ku disini. hftttt
setelah berpamitan aku pun segera menuju sekretariat ukm sakuntala dan disana sudah ada teman2 sekelompokku sedang packing carrier masing2. dan terlebih kak gener membantu kami untuk packing. waaaahhhh :3

setelah semua sudah beres, kiat pun segera melakukan upacara pelepasan bersama para panitia, yaitu kaka kakaa sakuntala, dengan ketua acara nya kak raya. 

Waktu yang dinanti pun tiba, setelah melakukan upacara pelepasan, dengan total peserta sebanyak kurang lebih 70 orang. aku dan yang lainnya segera bergegas membawa carrier masing masing untuk naik ke…………….. taraaaaaaaa Tronton ~ yuhuuu 

Entah kenapa aku lebih suka naik tronton kalo pergi2 begini ketimbang naik bus, karna kalo naik tronton, sensasi nya tuh lebih berasa dan lebih solid karna kita harus dempet2an bahkan gentian tempat duduk. Hehe kan seruuuu
Akhirnya, setelah melewati perjalanan hampir sekitar 3 jam, aku pun sampai disebuah desa yang pada malam itu udara nya cukup dingin dan gerimis karna waktu sudha menunjukkan hampir pukul 11 malam.
Para panitia menyuruh kami untuk segera beristirahat, namun karna aku dan teman sekelompokku sudah mulai merasakan panggilan alam yang nam,anya ‘lapar’, aku pun memutuskan untuk membeli tempe goring sebanyak 12rb terus kita makan rame ramee haha seru yaaa. Setelah kenyang makan tempe, baru deh aku mengajak khansa dan dini untuk jalan jalan kepulau kapuk. Syalalalalalaaa..

**** 

26 April 2014 …
Waktu yang dinanti pun tiba. Horeeeeee ~ waktu menunjukkan pukul setengah 6  pagi, aku pun membuka mataku dan bergegas untuk keluar menikmati sunrise yang tepat ada didepan mataku. Waaaahhh sunrise yang indah, dan akan lebih indah lagi jika ada ‘bintang’ disini ., sayang sekali dia tidak jadi ikut huuftt aku kangen banget sama bintang.

Akhirnya setelah mempersiapkan segala hal untuk mendaki, aku pun menyantap sarapan pagi yang sudah di berikan oleh panitia. Dan tepat pukul 7 pagi, aku dan yang lain pun berangkat mendaki sesuai dengan kelompok masing masing.
Kupanjatkan doa dalam hati, semoga Allah memudahkan perjalanan ku kali ini, karna konteksnya, aku sedang tidak enak badan setelah kecapean selama beberapa hari kemarin. Namun itu bukan penghalangku untuk membatalkan kegiatan ini.

Aku dan teman teman pun berjalan menelusuri jalan setapak dengan pemandangan gunung dan di hiasi oleh kebun kebun sayur penduduk di sekeliling kami. Dan semakin jauh kami berjalan, jalanannnya semakin terjal. Sampai akhirnya kami sampai disebuah sungai dan kami pun ngerest sebentar hihi sambil nungguin dini soalnya dini ketinggalan jauh dibelakang. Setelah itu kamipun kembali melanjutkan perjalanan, dan sepanjang perjalanan kami selalu mengabadikan momen tersebut. Dan ini diaaaaaa syalalalalalaaaaa






Setiap kali kami lelah, kami segera mengambil cemilan untuk ganjelan perut kami agar tidak teriak teriak kelaparan. Semakin tinggi kami mendaki, semakin dingin udara yang terasa, meski lelah, namun semua itu tak akan terasa jika kita menjalankannya dengan penuh tekad yang kuat untuk sampai ke puncak. Semangatttt
Selama kurang lebih 2 jam, kami pun sampai di pos 1, jalanan untuk sampai ke pos 1 masih lumayan bagus, setelah ngerest selama 8 menit di pos 1, kami melanjutkan perjalanann selanjutnya dan disitu posisi nya aku bersama kak mia, ahahahaa entah kenapa dari pas jamboree sampe sekarang aku dapet irur nya kak mia terus, tapi gapapa sih kak mia itu baikkk bangetan terus keren dehhh kalo lagi ngetrack ahaha.
Baiklah, kami pun terus berjalan menyusuri  jalan yang lebih terjal dari sebelumnya hingga kami pun sampai di pos barapa yaaaaa lupa, itu pos yang di dirikan oleh panitia dari sakuntala, dan kami ngerest sebentar sambil menyeruput tehh hangat yang membuat kami sedikit lebih bertenaga.




Pada saat itu, waktu menunjukkan pukul 11 siang, perkiraan ku akan sampai di surya kencana pukul setengah 2 , karna setau aku, jalur gn putri ini adalah jalur tercepat menuju ke kesana dibanding melewati jalur cibodas. Hanya saja jalur di cibodas lebih landai, daripada jalur gn putri.

Kami pun tak ingin membuang waktu lama lama, dna kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan untuk lebih cepat sampai ke surya kencana . tidak banyak banyak kami ngerest, kami terus berjalan menanjak dan terus menanjak, hingga air rintik rintik pun membasahi kami, segera kami mengeluarkan jas hujan dan beberapa menit kemudian, kami sudah diguyur hujan. namun itu bukan  hambatan untuk berhenti mendaki, kami terus berjalan dan terus mendaki hingga badan kami benar benar terasa dingin, terlebih dini tidak membawa jas hujan, dan dia punya asma, dengan senang hati aku memberikan jas hujan ku untukkmya, karna aku tidak tega jika dia harus kedinginan. Dan biarlah aku mengenakan jaket ku seperti biasa hingga akhirnya seluruh pakaianku basah lepek, kami pun sampai di pos 4, yaitu sebuah tenda yang didirikan oleh panitia sakuntala, dan disitu ada kak biboy. Kak kak biboy memberikanku jas hujan karna jas hujanku sebelumnya sudah aku berikan untuk dini, demi tuhan. Kaka kaka sakuntala itu baik baik bangetttt ,..

Dini pun segera di kondisikan didalam tenda karna asma nya yang mulai semakin kambuh., kasian ya dini L
Hujan terus mengguyur kami, syukurlah kami sudah meneduh dipos 4 dan udara dingin menyelimuti seluruh badan kami sampai sampai untuk menggerakkan tangan saja sangat terasa kaku. Dan perut kami mulai teriak teriak kelaparan. Untung si roni membawa 3 bungkus nasi ahahaa dan kami segera menyantap nasi bungkus itu, yaaa lumayanlah yaa daripada nggak sama sekali.
Hujannya nggak reda reda, dan aku mengajak teman teman untuk melanjutkan karna kalo nungguin hujan pasti bakal lama bangettt. Hfttttt 

Eh tak lama kemudian, kak gener dan kak putrid pun datang bersama yogi dan anggota kelompok lainnya. Dan entah kenapa aku suka nerves kalo ada kek gener wkwkw yaudah aku langsung naik keatas terus pamit dan ngelanjutin perjalanan selanjutnya bersama teman2 kelompokku.
Sepanjang perjalanan kami mulai banyak bertemu orang berlalu lalang, dan kami selalu menyapa nya karna itulah cirri khas para pendaki. 

Jalanan semakin terjal dan curam, dan juga licin, mengharuskan kami untuk tetap berhati hati saat mendaki karna kalau kepeleset bisa fatal.
Syukurlah, hujan mulai tampak reda, dan kami terus mendaki sampai pohon pohon mulai terlihat pendek, tanda nya kami sudah hampir sampai. Dan setelah melewati jalan yang terus menanjak, kami pun mendapat bonus, atau jalan yang cukup datar. Lalu disusul lagi dengan menanjak dan finally………….
Kami puin sampai di ambang “SURYA KENCANA”
HEIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII~ WELCOMEEEEEEEE IN SURYA KENCANAAAAAA



Aku pun berlari dihamparan rumput2 yang disekelilingi bunga edelwis tersebut. Akhirnya sampai juga, tak lupa aku dan yang lainnya mengabadikan momen tersebut hahaaa





Setelah beberapa menit, kami menerima informasi bahwa rombongan kami mendirikan tenda di bagian surken bagian barat, yang dekat dengan sungai kecilnya. Kami pun segera menuju kesana dan cukup jauh juga ya ternyata. Waktu sudah semakin sore dan baju ku dari kering sampai basah, sampai kering lagi ahahaaaa… namun itu tak akan mengurangi semangatku untuk sampai ke puncak
Setelah berjalan beberapa ratus meter, kami pun sampai di tempat kami mendirikan tenda, dan setelah mendirikan tenda, aku segera masak untuk anggota kelompokku karna mereka sudah kelaparan . sedangkan si ibal dan si angger beristirahat didalam tenda.

Okeeeeee its time to quality time.

Waktu sudah menunjukkan pukul 6 sore dan langit sudah tampak gelap. Aku menyalakan kompor dan segera meluncurkan sosis dan kornet ke dalam sebuah tempat bernama penggorengan dan menggorengnya hingga matang.
Setelah matang. Aku merebus mie dan memasukkan kornet serta sosis kedalamnya , yapppppppppppp aku membuat INTERNET, indomie telor dan kornet.
Ternyata rasanya lumayan lezat ya ditambah dengan saus dan mayonice. Cukuplah membuat teman2 kelompokku kenyang dan kak yunda serta kak novia pun ikut mencicipi masakan yang aneh iniii.
Setelah memanjakan perut, kami memutuskan untuk beristirahat didalam tenda, dan menyelupkan diri kami kedalam sleeping bag. Karna udara semakin dingin. Untung saja tidak hipotermia.

Aku pun tertidur dan memimpikan bintang, aaaa aku pun terbangun pada pukul 11 malam karna hujan yang mengguyur tenda kami membuat tenda kami berembun.
“ wahhh masih jam 11 malam” – ucapku
Aku membangunkan ayu mengajaknya untuk membuang air kecil atau pipis setelah itu aku menyalakan kompor dan membuat energen dan teeh hangat lalu menggelar matras dan tiduran didepan tenda sambil menunggu air mendidih.,
Indahnya memandang langit seperti ini, banyak sekali bintang bintang bertaburan. Dan membuatku menjadi sedikit rindu dengan bintang dikampus.
Setelah kenyang menikmati energen dibawah langit yang penuh bintang, asikkk.. akupun bergegas masuk kedalam tenda untuk bobo cantikkk ~

*** 
27 APRIL 2014, 

Dan akupun tertidur dengan pulas sampai akhirnya aku mendengar suara kak novia dan kak gener untuk mengajak ke puncak melihat sunrise.
Akupun segera bangun dan membangunkan teman temanku dan kami segera keluar dari tenda. Taraaaaaa!!!!! Selamat pagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii dunia
Waktu menunjukkan pukul 5 subuh, dan kak gener menyuruh kami untuk memasak air, dan aku sudah lebih dulu memasaknya. Lalu aku membuat roti tawar untuk sarapan dan energen serta teeh hangat untuk teman2 ku. Setelah sudah rapi semuanya, kami segera menuju puncak gunung gede.
Karna masih gelap, sepanjang jalan menuju puncak, kami harus menggunakan head lamp dan senter untuk menyenter jalanan. Dan track nya lumayan cukup terjal juga, hanya saja jalanannya batu batuan semua jadi nggak licin. Dan sekitar 45 menit kami pun sudah sampai di puncak gunung gede 2958mdpl. Welcomeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee~~~~~` yuhuuuu



Segera ku ucapkan rasa syukurku pada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala ciptaannya yang indah seperti ini. Aku mencintai negeri ini terlebih penciptanya. Dan semoga semua makhluk di muka bumi mempunyai kesadaran untuk saling menjaga dan melestarikan alam serta menghargai sesama.

Sayangnya, kami nggak keburu liat sunrise tapi cukuplah membuat kami puas dengan berdiri dipuncak dan memandang jagat raya dari atas sini.


Langit mulai  berkabut, dan mulai bermunculan awan awan putih yang terlihat indah. Kamipun segera mengabadikan momen tersebuttttt heheeee tak lupa aku mengeluarkan secarik kertas yang bertuliskan “yudiansyah, ich liebe dich. From 2958 mdpl” lalu aku mengambil gambar tersebut dipuncak ini.
Setelah kurang lebih menikmati pagi hari di puncak gede, kami segera turun kembali ke surken. Dan aku cukup puas karna sudah sampai ke puncak hehe.

Karna inilah yang aku nanti nantikan, melepas penat dan segala beban yang aku pikul selama dijakarta.
Setelah kembali ke surken dan ke tenda, para panitia mengajak untuk berfoto bersama dan setelah makan pagi dan foto bersama, kami segera packing untuk melanjutkan turun gunung melewati jalur yang sama dengan kemarin.
Dan sepanjang jalan aku dan teman2 tak henti2nya mengabadikan momen tersebut hehe sampai akhirnya aku dapet foto berdua sama kak gener wkwkwk




Ternyata aku lebih suka mendaki daripada turun , karna kalo turun lebih curam banget udah gitu licin bgt jadi harus pelan pelan, awalnya aku ngeri terus susah buat turun, tapi lama lama aku kebelet pipis, terus aku turun duluan terus lariii deh karna ingin cepat sampe rumah penduduk. Aku pun secepat mungkin menuruni jalanan tersebut dan dengan terpaksa meninggalkan beberapa teman kelompokku yang masih dibelakang, habis aku sudah kebelet pipis . 

Ternyata kalo lari itu enak juga yaaa ahahaaa. Lalu aku mulai sendiri, dan tiba tiba ada bang cacing , terus ngobrol2 bentar sambil jalan pelan, terus bang cacing ngajak ngerest eh ada kak gener. Yatuhaaaaannn kan aku bilang juga apa, aku tuh nerves kalo ada kak gener wkwk. Akhirnya aku gaikut ngerest, tapi langsung bablas turun sendirian. Karna aku semakin pengen pipis haduhhhhhhh

Kurang lebih 4 jam aku turun, aku sendirian aja tuh udah kayak anak ilang dan sepanjang jalan yaa Cuma nyapa orang2 yang lewat aja. Sampe akhirnya aku sampe dehhhhhhhh dirumah penduduk. Terus langsung masuk kekamar mandi, ganti baju, dll.
Abis itu makan karna konteksnya lagi laper banget. Dan setelah temen2 sampe, kita bercanda2 didepan warung sambil makan tempe dan cerita2 gituuu hehe., terus ada kak gener disebelah sana terus gatau kenapa pengen ngeliatin terus ahahaahaaaaaaaa ngacoooooooooooo . tapi yauidahlahyaaaaa

Sampe akhirnya sang malam pun tiba, pukul 8 kami segera naik ke tronton untul lanjut pulang ke Jakarta. Dan aku sama khansa naik di tronton panitia. Terus ada kak gener lagi elahhhhhhhhh kannnn jadi nerves lagiii zzzzzzz… terus aku pinjem hape khansa buat hubungin kak yudi, karna hape aku rusak. Eh ternyata ka yudi gabisa jemput :(( mau ke maitirn, huftt dia aneh bgt masa akhir2 ini. 

Yaudah pas nyampe kampus udah jam 10 lewat, aku langsung balik aja naik busway . sedih sih abisnya kak yudi nya gitu sih,. Terus aku sampe rumah dengan selaamat. besoknya aku langsung kekampus karna udah kangen banget sama anak sb, dan terlebih sama kak yudi. Eh kak yudi nya ngga ada disekret, malah lagi sama cewe2 di rtm, dan ternyata……. Dia udah pacaran lagi sama cewe lain, reflekk ada rasa pengen nangis sebenernya tapi aku berusaha buat kuattttt pftttt …. Tega banget yaaaaaa ternyata selama 3 hari aku naik gunung, dia malah enak enakan pacaran sama yang lain. Yaudahlah ya yang terjadi biarlah berlalu. Mungkin itu emang pilihannya dia, 

Dan aku pun membiarkan waktu berjalan sebagaimana mestinya. Terimakasih tuhan.,
Dan tak lupa kuucapkan terimakasih banyak untuk banyak hal kepada para panitia dari ukm sakuntala. Acaranya keren lahyaaaaaa not bad lah,. Pokoknya 4 jempol deh buat sakuntala. Semoga acara kayak gini bakal sering sering diadain lagi hehe.salam lestari, dna hidup sakuntala !!!!!!!

Dan gak lupa juga ucapan terimakasih yang special untuk siapapun yang membaca tulisan ini, semoga gak bosen yaaaaaaaaaaa 

Byeeeeeeeeeeeeee.